Profil, Macam-Macam dan Pola Komunikasi Public
Relations
(Materi ke-9)
Oleh : Abang Zakqy Husna
Profil public relatiosn (humas) Identitas dari individu atau
organisasi yang memberikan informasi kepada yang membutuhkan, dengan maksud untuk mengenali, memahami, dan mempelajari individu atau organisasi tersebut.
Berten K. (1994) mengatakan bahwa kode etik profesi merupakan norma
yang telah ditetapkan dan diterima oleh kelompok profesi dan untuk mengarah
atau memberikan petunjuk kepada para anggotanya, yaitu bagaimana “seharusnya”
(das sollen) berbuat dan sekaligus
menjamin kualitas moral profesi yang bersangkutan di mata masyarakat untuk
memperoleh tanggapan yang positif. Apabila dalam pelaksanaanya (das sein) salah
satu anggota profesi tersebut telah melakukan perbuatan yang menyimpang dari
kode etiknya kelompok profesi itu akan tercemar citra dan nama baiknya di mata
masyarakat.
Contoh profil humas Kantor Humas dan Kerjasama merupakan lembaga
fungsional dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggungjawab kepada Rektor dan
pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah pembinaan Pembantu Rektor IV.
Dengan teori komunikasi organisasi Weick (Organisation Theory of
Weick) penelitian ini berpendapat bahwa yang terjadi menerpa perusahaan dapat
dilihat dari perspektif fenomenologi, yaitu dimana setiap kejadian yang terjadi
akan mengalami intepretasi lewat pengalaman-pengalaman setiap pribadi yang
terikat dalam strukturisasi organisasi. Komunikasi yang menghasilkan pengalaman
tersebut melahirkan pola-pola baru. Ada 4 (empat) pola komunikasi yang menjadi
bahan acuan untuk mendeteksi setiap cara, motif dan hambatan dalam penulisan
ini, yaitu:
Pertama Pola Komunikasi Primer yaitu suatu proses penyampaian oleh komunikator
kepada komunikan dengan menggunakan suatu symbol sebagai media atau saluran.
Dalam pola ini terbagi menjadi dua lambing verbal dan nirverbal. Lambang verbal
yaitu bahasa, yang paling sering di gunakan karena bahasa mampu mengungkapkan
pikiran komunikator. Sedangkan lambing nirverbal yaitu lambing yang digunakan
dalam berkomunikasi yang bukan bahasa namun merupakan isyarat dengan mnggunakan
anggota tubuh antara lain; kepala, mata, bibir, tangan dan sebagainya.
Kedua Pola Komunikasi Verbal yaitu komunikasi yang menggunakan
kata-kata, baik lisan maupun tertulis. Komunikasi ini paling banyak di pakai
dalam hubungan antar manusia. Melalui kata-kata, mereka mengungkapkan perasaan,
emosi, pemikiran, gagasan atau maksud mereka, menyampaikan fakta, data, dan
informasi serta menjelaskannya, saling bertukar perasaan dan pemikiran.
Ketiga Pola Komunikasi Sekunder yaitu proses penyampaian oleh
komunikator kepada komunikasi dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media
kedua setelah memakai lambing pada media pertama.
Keempat Pola Komunikasi Linear yaitu mengandung makna lurus yang
berarti dari satu titik ke titik yang secara lurus, yang berarti penyampaian
pesan oleh komunikator kepada komunikasi sebagai titik terminal.
Dan terakhir Pola Komunikasi Sirkular yaitu secara harfiah berarti
bulat, bundar, atau keliling. Dalam proses sirkular itu terjadinya feedback atau umpan balik,
yaitu terjadinya arus komunikator sebagai penentu utama keberhasilan
komunikasi.
Pada akhirnya kita telah mengetahui beberapa pengertian dari profil
public relations atau humas yaitu sebuah identitas atau status dari organisasi
ataupun perusahaan yang mana di dalamnya ada tugas dan fungsi Public Relations
dalam mengenalkannya ke khalayak.
Sedangkan dari Pola Komunikasi Public Relations ada 5 yaitu Pola
Komunikasi Primer, Pola Komunikasi Verbal, Pola Komunikasi Sekunder, Pola
Komunikasi Linear, dan yang terakhir adalah Pola Komunikasi Sirkular. Pola
Komunikasi yang sering di pakai adalah Pola komunikasi Verbal karena sering
digunakan dalam berkomunikasi yang dilakukan oleh Public Relations.
DAFTAR PUSTAKA
Skripsi Andreano Rinaldi Sitinjak,
2012, Universitas Sam Ratulangi, “Pola Komunikasi Public Relations Officer
dalam Mempertahankan Citra PT Lion Air Indonesia Cabang Manado”
https://rifar7.wordpress.com/2015/11/12/profil-dan-etika-profesi-humas/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar