Media Public Relations
(Materi ke-8)
Oleh : Abang Zakqy Husna
Media relations dapat dikatakan sebagai alat untuk memberikan
informasi kepada masyarakat mengenai aktivitas perusahaan atau organisasi
melalui publikasi dan diharapkan pesan atau dapat diterima dengan baik oleh
khalayak luas.
Menurut Iriantara Media relations pada dasarnya berkenaan dengan
pemberian informasi atau memberi tanggapan pada media pemberitaan atas nama
organisasi atau klien. Media relations
merupakan salah satu bagian dari PR yang merupakan sarana yang sangat penting
dan efisien. Penting karena akan menopang keberhasilan program , dan efisien karena
tak memerlukan banyak daya dan dana untuk menginformasikan program yang hendak
dijalankan dengan menggunakan teknik publisitas.
Menurut Lesly menjelaskan media relations sebagai hubungan dengan media
komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespons kepentingan media terhadap
organisasi. Uraian tentang media relations itu bisa dilihat keterkaitannya
untuk membentuk pengertian media relations.
Pertama, media relations itu berkenaan dengan media komunikasi.
Media komunikasi itu diperlukan karena menjadi sarana yang sangat penting dan
efisien dalam berkomunikasi dengan publik. Agar komunikasi dengan publik
tersebut bisa terpelihara, maka segala kepentingan media massa terhadap
organisasi mesti direspon organisasi. Tujuannya adalah untuk keberhasilan
program.
Kedua, media relations itu merupakan fungsi khusus dalam suatu
kegiatan atau program PR. Letak kekhususannya adalah pada pelibatan media massa
yang berada diluar kendali organisasi. Media relations selain menggunakan media
massa , juga digunakan untuk menunjang kegiatan lain.yang diselenggarakan dalam
kegiatan community relations, customer relations atau investor relations.
Komunikasi yang dikembangkan dalam praktik PR adalah komunikasi dua
arah. Komunikasinya bukan hanya dari organisasi kepada publik – publiknya
melainkan juga sebaliknya. Pada akhirnya, dalam praktik media relations pun
bukan hanya memberikan informasi yang diberikan melalui media massa, melainkan
juga mengikuti dan mengolah informasi yang disampaikan melalui media massa.
Daftar Pustaka
Skripsi Wahid Faysal Hakim, FIKI UMS 2010, Public Relations Dan Media Relations (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Hotel Ibis Solo)
Tugas Akhir, Andriana Noro Iswari,
FISIP USM Surakarta 2010, Efektifitas Kegiatan Media Relations Melalui Humas Di
Bank Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar