Jumat, 01 Desember 2017

Materi ke-8

Media Public Relations
(Materi ke-8)
Oleh : Abang Zakqy Husna

Media relations dapat dikatakan sebagai alat untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai aktivitas perusahaan atau organisasi melalui publikasi dan diharapkan pesan atau dapat diterima dengan baik oleh khalayak luas.
Menurut Iriantara Media relations pada dasarnya berkenaan dengan pemberian informasi atau memberi tanggapan pada media pemberitaan atas nama organisasi atau klien. Media relations merupakan salah satu bagian dari PR yang merupakan sarana yang sangat penting dan efisien. Penting karena akan menopang keberhasilan program , dan efisien karena tak memerlukan banyak daya dan dana untuk menginformasikan program yang hendak dijalankan dengan menggunakan teknik publisitas.
Menurut Lesly menjelaskan media relations sebagai hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespons kepentingan media terhadap organisasi. Uraian tentang media relations itu bisa dilihat keterkaitannya untuk membentuk pengertian media relations.
Pertama, media relations itu berkenaan dengan media komunikasi. Media komunikasi itu diperlukan karena menjadi sarana yang sangat penting dan efisien dalam berkomunikasi dengan publik. Agar komunikasi dengan publik tersebut bisa terpelihara, maka segala kepentingan media massa terhadap organisasi mesti direspon organisasi. Tujuannya adalah untuk keberhasilan program.
Kedua, media relations itu merupakan fungsi khusus dalam suatu kegiatan atau program PR. Letak kekhususannya adalah pada pelibatan media massa yang berada diluar kendali organisasi. Media relations selain menggunakan media massa , juga digunakan untuk menunjang kegiatan lain.yang diselenggarakan dalam kegiatan community relations, customer relations atau investor relations.
Komunikasi yang dikembangkan dalam praktik PR adalah komunikasi dua arah. Komunikasinya bukan hanya dari organisasi kepada publik – publiknya melainkan juga sebaliknya. Pada akhirnya, dalam praktik media relations pun bukan hanya memberikan informasi yang diberikan melalui media massa, melainkan juga mengikuti dan mengolah informasi yang disampaikan melalui media massa.
Daftar Pustaka

Skripsi Wahid Faysal Hakim, FIKI UMS 2010, Public Relations Dan Media Relations (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Hotel Ibis Solo)
Tugas Akhir, Andriana Noro Iswari, FISIP USM Surakarta 2010, Efektifitas Kegiatan Media Relations Melalui Humas Di Bank Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Audit Perbankan Syariah

UAS Audit Perbankan Syariah Audit Perbankan Syariah Oleh : Abang Zakqy Husna (1142310003) 1.     Dokumen menjadi begitu penting saa...