Pengantar Publik Relations
(Materi ke-1)
Oleh : Abang Zakqy Husna
Menurut Maria Assumpta Rumanti
(2005:7-8) PR adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui
empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan
data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat;
evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
Definisi Menurut Frank Jefkins
(2003:9) PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam
maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka
mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Menurut Onong Uchjana Effendy
(2006:23) Hubungan Masyarakat (Humas) adalah komunikasi dua arah antara
organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan
tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan
kepentingan bersama.
Dalam artian bahwa publik relation
merupakan bentuk komunikasi antara satu pihak yang berkepentingan dengan pihak
yang satu nya. Dan juga mempunyai pengertian hubungan yang terencana anatara
organisasi dan masyarakat.
Dapat disimpulkan, Public Relations
(Humas) adalah cara berkomunikasi dengan public untuk membangun sebuah
pemahaman, pengertian hingga mencounter isu isu yang ada di lapangan sehingga
isu-isu tadi dapat di artikan sebuah kesalahpahaman, dan membangun citra yang
baik buat perusahaan.
Konsep Public Relations ada 5 yaitu
membangun pengertian, komunikasi dua arah, goodwill, fungsi manajemen dan
membangun kepercayaan. Di bawah ini adalah penjelasannya
Membangun pengertian: Bahwa
pengertian dari Public Relations (Humas) merupakan hubungan yang terencana
antara organisasi dan masyarakat.
Komunikasi dua arah: Adanya Fungsi
Public Relations (Humas) yaitu selalu melakukan komunikasi dua arah antara
organisasi dan masyarakat sehingga dapat menciptakan image yang baik buat
perusahaan yang dikelola oleh Public Relations. Komunikasi dua merupakan faktor
utama bagi keberhasilan seorang Manajer Humas dalam melakukan proses kegiatan
manajemen kehumasan dan media komunikasi lembaga/organisasi yang diwakilinya.
Goodwill : Itikad Baik dari pihak
yang berkepentingan untuk memperoleh timbal balik dari masyarakat.
Fungsi Manajemen: Fungsi Manajemen
tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman
bersama, penerimaan mutual, dan kerja sama antara organisasi dan publiknya
(menurut Rex F. Harlow). Fungsi manajemen juga harus dilakukan oleh PR untuk
memanage cara menghadapi masalah dalam berbicara ke public.
Membangun kepercayaan: Membangun
kepercayaan merupakan fungsi yang harus ada di lakukan oleh PR sehingga dapat
di percaya oleh partner-partner dan public itu sendiri
Syarat Public Relations juga ada 5
yaitu : pertama Public Relations harus pandai berkomunikasi, kedua Public
Relations pandai bersosialisasi, ketiga Public Relations berpenampilan menarik,
keempat Public Relations membangun relasi, dan yang terakhir Public
Relations harus berwawasan luas
Tools Public Relations juga ada 5
yaitu pertama Publicity, kedua Fotografi, ketiga Videografi, keempat, dan yang
terakhir Lobby
Kegiatan terbesar Public Relations
(Humas) adalah menulis, editing, media relations, special event, berbicara,
produksi, riset, programming dan konsultasi. Sedangkan penggunaan kegiatan yang
menggunakan waktu terbesar adalah untuk koordinasi,perencanaan dan negosiasi
Kegiatan-kegiatan kehumasan
meliputi Customer relations seperti membangun hubungan baik dengan pihak
luar,maksudnya menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan public dan
hubungan dengan konsumen.
Employee relations, seperti
membangun hubungan antara pimpinan dengan bentuk kerjasama dan komunikasi yang
baik antara atasan dan bawahan.
Community relations, seperti
membangun hubungan baik dengan pihak-pihak yang selama ini telah melakukan
kerja sama dengan perusahaan yang kita wakili, menjaga hubungan yang baik
dengan masyarakat sekitar perusahaan dan komunitas-komunitas masyarakat
tertentu.
Media Relations, seperti menjalin
hubungan baik dengan media, karna kerja humas tidak akan pernah berhasil tanpa adanya
kerjasama yang baik dengan media, jadi hubungan itu harus dijaga dengan baik
dan tidak ada yang dirugikan. dan yang terakhir Government relations, seperti
menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah.
Menurut Gassing S. Syarifuddin. Suryanto, Public Relations. 2016, Adanya kesalahpahaman tentang public relations yaitu pertama Menjadi
Tukang Foto-Foto: Fotografi adalah kesalahpahaman yang biasa terjadi di
Indonesia yang bukan semestinya tugas dari Public Relations (Humas)
Kedua yaitu Personal Relation:
Untuk menjadi praktisi PR harus memiliki kemampuan membina hubungan secara
pribadi. hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi bukan itu saja tugas PR.
Ketiga yaitu Propaganda: Memang,
akar PR adalah perang. pada masa perang, tugas PR adalah mengirim pesan yang
salah untuk mematahkan semangat lawan. propaganda dilakukan demi kepentingan
dan kemenangan satu pihak.
Keempat yaitu Publisitas: Hal yang
sering terlihat pada lembaga pemerintah. lembaga pemerintah lebih banyak
menggunakan PR sebagai press relations yang tugasnya hanya memublikasikan
kebijakan pemerintah, menyusun jadwal temu wartawan serta membawa wartawan
turut kunjungan ke daerah-daerah.
Kelima yaitu Iklan Gratis: Berita
yang dimuat media sering dianggap sebagai iklan gratis. oleh sebab itu banyak
praktisi pemasaran berupaya memanfaatkan publikasi pers untuk mendapatkan
keuntungan beriklan secara gratis. padahal, bukan itu tujuan PR dan berita
dibuat.
Dan yang terakhir yaitu Menjual
senyum: Jika hanya "menjual senyum" maka sebuah perusahaan pasti akan
kehilangan pamornya. apalagi pada masa krisis.
Daftar Pustaka
Effendy,
Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Gassing
S. Syarifuddin. Suryanto, Public Relations. 2016
Jefkins,
Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga
Rumanti,
Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta
: Grasindo
http://pr-teoridanpraktik.blogspot.co.id/2013/06/definisi-public-relations-menurut-para.html
https://jufriibrahim.wordpress.com/materi-peekuliahan/public-relations/
https://thedaughterofyursal.blogspot.co.id/2016/12/kesalahpahaman-tentang-publicrelations.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar