Senin, 06 November 2017

Materi ke-1

Pengantar Publik Relations
(Materi ke-1)
Oleh : Abang Zakqy Husna

Menurut Maria Assumpta Rumanti (2005:7-8) PR adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
Definisi Menurut Frank Jefkins (2003:9) PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Menurut Onong Uchjana Effendy (2006:23) Hubungan Masyarakat (Humas) adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.
Dalam artian bahwa publik relation merupakan bentuk komunikasi antara satu pihak yang berkepentingan dengan pihak yang satu nya. Dan juga mempunyai pengertian hubungan yang terencana anatara organisasi dan masyarakat.
Dapat disimpulkan, Public Relations (Humas) adalah cara berkomunikasi dengan public untuk membangun sebuah pemahaman, pengertian hingga mencounter isu isu yang ada di lapangan sehingga isu-isu tadi dapat di artikan sebuah kesalahpahaman, dan membangun citra yang baik buat perusahaan.
Konsep Public Relations ada 5 yaitu membangun pengertian, komunikasi dua arah, goodwill, fungsi manajemen dan membangun kepercayaan. Di bawah ini adalah penjelasannya
Membangun pengertian: Bahwa pengertian dari Public Relations (Humas) merupakan hubungan yang terencana antara organisasi dan masyarakat.
Komunikasi dua arah: Adanya Fungsi Public Relations (Humas) yaitu selalu melakukan komunikasi dua arah antara organisasi dan masyarakat sehingga dapat menciptakan image yang baik buat perusahaan yang dikelola oleh Public Relations. Komunikasi dua merupakan faktor utama bagi keberhasilan seorang Manajer Humas dalam melakukan proses kegiatan manajemen kehumasan dan media komunikasi lembaga/organisasi yang diwakilinya.
Goodwill : Itikad Baik dari pihak yang berkepentingan untuk memperoleh timbal balik dari masyarakat.
Fungsi Manajemen: Fungsi Manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual, dan kerja sama antara organisasi dan publiknya (menurut Rex F. Harlow). Fungsi manajemen juga harus dilakukan oleh PR untuk memanage cara menghadapi masalah dalam berbicara ke public.
Membangun kepercayaan: Membangun kepercayaan merupakan fungsi yang harus ada di lakukan oleh PR sehingga dapat di percaya oleh partner-partner dan public itu sendiri
Syarat Public Relations juga ada 5 yaitu : pertama Public Relations harus pandai berkomunikasi, kedua Public Relations pandai bersosialisasi, ketiga Public Relations berpenampilan menarik, keempat Public Relations membangun relasi, dan yang terakhir Public Relations  harus berwawasan luas
Tools Public Relations juga ada 5 yaitu pertama Publicity, kedua Fotografi, ketiga Videografi, keempat, dan yang terakhir Lobby
Kegiatan terbesar Public Relations (Humas) adalah menulis, editing, media relations, special event, berbicara, produksi, riset, programming dan konsultasi. Sedangkan penggunaan kegiatan yang menggunakan waktu terbesar adalah untuk koordinasi,perencanaan dan negosiasi
Kegiatan-kegiatan kehumasan meliputi Customer relations seperti membangun hubungan baik dengan pihak luar,maksudnya menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan public dan hubungan dengan konsumen.
Employee relations, seperti membangun hubungan antara pimpinan dengan bentuk kerjasama dan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.
Community relations, seperti membangun hubungan baik dengan pihak-pihak yang selama ini telah melakukan kerja sama dengan perusahaan yang kita wakili, menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar perusahaan dan komunitas-komunitas masyarakat tertentu.
Media Relations, seperti menjalin hubungan baik dengan media, karna kerja humas tidak akan pernah berhasil tanpa adanya kerjasama yang baik dengan media, jadi hubungan itu harus dijaga dengan baik dan tidak ada yang dirugikan. dan yang terakhir Government relations, seperti menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah.
Menurut Gassing S. Syarifuddin. Suryanto, Public Relations. 2016, Adanya kesalahpahaman tentang public relations yaitu pertama  Menjadi Tukang Foto-Foto: Fotografi adalah kesalahpahaman yang biasa terjadi di Indonesia yang bukan semestinya tugas dari Public Relations (Humas) 
Kedua yaitu Personal Relation: Untuk menjadi praktisi PR harus memiliki kemampuan membina hubungan secara pribadi. hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi bukan itu saja tugas PR.
Ketiga yaitu Propaganda: Memang, akar PR adalah perang. pada masa perang, tugas PR adalah mengirim pesan yang salah untuk mematahkan semangat lawan. propaganda dilakukan demi kepentingan dan kemenangan satu pihak.
Keempat yaitu Publisitas: Hal yang sering terlihat pada lembaga pemerintah. lembaga pemerintah lebih banyak menggunakan PR sebagai press relations yang tugasnya hanya memublikasikan kebijakan pemerintah, menyusun jadwal temu wartawan serta membawa wartawan turut kunjungan ke daerah-daerah.
Kelima yaitu Iklan Gratis: Berita yang dimuat media sering dianggap sebagai iklan gratis. oleh sebab itu banyak praktisi pemasaran berupaya memanfaatkan publikasi pers untuk mendapatkan keuntungan beriklan secara gratis. padahal, bukan itu tujuan PR dan berita dibuat.
Dan yang terakhir yaitu Menjual senyum: Jika hanya "menjual senyum" maka sebuah perusahaan pasti akan kehilangan pamornya. apalagi pada masa krisis. 



Daftar Pustaka
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi.  Bandung : Remaja Rosdakarya
Gassing S. Syarifuddin. Suryanto, Public Relations. 2016
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga
Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo
http://pr-teoridanpraktik.blogspot.co.id/2013/06/definisi-public-relations-menurut-para.html
https://jufriibrahim.wordpress.com/materi-peekuliahan/public-relations/
https://thedaughterofyursal.blogspot.co.id/2016/12/kesalahpahaman-tentang-publicrelations.html

 

 


 

 

 

 

 




 












  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Audit Perbankan Syariah

UAS Audit Perbankan Syariah Audit Perbankan Syariah Oleh : Abang Zakqy Husna (1142310003) 1.     Dokumen menjadi begitu penting saa...