Penentuan Target dan Strategi
Public Relations
(Materi ke-5)
Oleh : Abang Zakqy Husna
Banyaknya aktivitas seseorang pasti
menerapkan Public Relations yang mana seperti sesorang masuk dalam
berorganiasi, menghadiri undangan dan masih banyak lain yang merupakan kegiatan
dari Public Relations yaitu mempengaruhi orang yang mempunyai kepentingan dari
orang lain. Public Relations Public Relations dapat mengidentifikasi
permasalahan yang timbul dengan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh
perusahaan dengan menitik beratkan pembahasan pada identifikasi tingkat
kesadaran konsumen, sikap dan persepsi konsumen terhadap produk dan layanan
yang ditawarkan perusahaan. Nantinya hasil identifikasi kemudian dijadikan
sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk menerapkan strategi yang sesuai.
Dalam menunjang pekerjaan dari
Public Relations maka diperlukan penentuan target dan strategi Public Relations
yang nantinya akan membantu kegiatan yang telah disusun oleh Public Relations.
berikut penjelasan dari Penentuan Target dan Strategi Public Relations.
Menurut Rosady 1999 : 123,
“Public Relations Strategi” mengatakan bahwa strategi adalah bagian
terpadu dari suatu rencana (plan), rencana merupakan produk dari suatu
perencanaan (planing) yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi
dasar dari manajemen. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Public Relations
bertujuan untuk menegakkan dan mengembangkan suatu citra yang menguntungkan
(favourable image) bagi organisasi, perusahaan atau produk dan jasa terhadap
pihak yang berkepentingan (Stokholder) sebagai sasaran yang terkait yaitu
public internal dan eksternal.
Untuk memperoleh kepercayaan,
saling pengertian dan citra yang baik dari masyarakat maka Public Relations
dapat menerapkan strategi yang telah ditentukan oleh manajemen perusahaan.
Hal ini berpijak pada teori Kasali
dalam Soemirat dan Elvinardo 2004 ; 92, menyatakan bahwa : “Pertama, Public
Relations dapat memberikan kontribusinya dalam strategic management melalui dua
cara yaitu melakukan tugas sebagai bagian dari strategic management keseluruhan
“organisasi. Keterlibatan PR dalam proses menyeluruh ini akan memberi manfaat
besar bagi organisasi dan PR itu sendiri.
Kedua, Publik Relations dapat
berperan dalam strategic management dalam mengelola kegiatannya secara
strategis”.
Ricky Telg (2000), seorang pengajar
dari University of Florida dalam program pelatihan media relations miliknya
menyebutkan ada beberapa langkah untuk merencanakan strategi dalam menjalin
relasi dengan media. Adapun langkah – langkah tersebut terdiri atas :
“Pertama, yaitu Set Goals.
Menentukan tujuan dari menjalin relasi dengan media. Adapun tujuan yang ingin
dicapai harus realistis dan tidak melebihi kemampuan dari perusahaan.
Kedua, Decide on your approach to
get your goals accomplished. Menentukan cara dan media yang digunakan untuk
menghubungi media untuk menjalin hubungan. Melalui press release, interview,
atau kunjungan ke wartawan.
Ketiga, Decide who is responsible
for fielding media calls. Menentukan contact person media dalam perusahaan.
Contact person bisa satu orang maupun lebih, namun contact person tersebut
harus mengetahui Standard Operating Procedure dalam berhubungan dengan media.
Keempat, Become a reputable and
dependable expert source. Menjadi narasumber yang bisa dipercaya dan diandalkan
dalam perusahaan maupun bidang kerja. Dengan demikian media dan wartawan akan
selalu mencari dan menghubungi untuk meminta informasi.
Kelima, Develop a source book of
subject-matter experts in your geographic region. Menyediakan buku yang berisi
daftar narasumber ahli dalam perusahaan. Sehingga anda dapat menjadi jembatan
antara perusahaan dan media ketika media meminta sebuah informasi tertentu.
Keenam, Develop a news media source
book for your office. Membuat media list mengenai media – media yang ada
disekitar perusahaan dan aturan mengenai bagaimana dalam mengirim berita ke
media tersebut.
Ketujuh, On a regular basis,
provide informational material to reporters Menyediakan salinan informasi bagi
wartawan secara teratur. Informasi bisa berupa press release, foto, update
terbaru perusahaan, dan lain – lain.
Kedelapan, Get to know the reporter
in your geographic regions. Mengenali wartawan dan area liputan dari wartawan
tersebut untuk memudahkan dalam menghubungi wartawan sesuai dengan informasi
terkait perusahaan yang ingin disampaikan.”
Jadi Strategi Public Relations
merupakan upaya merencanakan kegiatan yang mana nantinya suatu kegiatan itu
akan sesuai dengan apa yang tadi di rencanakan oleh Public Relation. Di atas
merupakan strategi Public relations yang mana dari kesemuanya nanti akan saling
berkaitan satu dengan lainnya.
Daftar Pustaka
Jurnal e-Komunikasi Vol 4. No.1 Tahun 2016.
Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 02 Juli-Desember 2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar