Senin, 20 November 2017

Materi ke-5

Penentuan Target dan Strategi Public Relations
(Materi ke-5)
Oleh : Abang Zakqy Husna

Banyaknya aktivitas seseorang pasti menerapkan Public Relations yang mana seperti sesorang masuk dalam berorganiasi, menghadiri undangan dan masih banyak lain yang merupakan kegiatan dari Public Relations yaitu mempengaruhi orang yang mempunyai kepentingan dari orang lain. Public Relations Public Relations dapat mengidentifikasi permasalahan yang timbul dengan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dengan menitik beratkan pembahasan pada identifikasi tingkat kesadaran konsumen, sikap dan persepsi konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. Nantinya hasil identifikasi kemudian dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk menerapkan strategi yang sesuai.
Dalam menunjang pekerjaan dari Public Relations maka diperlukan penentuan target dan strategi Public Relations yang nantinya akan membantu kegiatan yang telah disusun oleh Public Relations. berikut penjelasan dari Penentuan Target dan Strategi Public Relations.
Menurut Rosady 1999 : 123,  “Public Relations Strategi” mengatakan bahwa strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana (plan), rencana merupakan produk dari suatu perencanaan (planing) yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi dasar dari manajemen. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Public Relations bertujuan untuk menegakkan dan mengembangkan suatu citra yang menguntungkan (favourable image) bagi organisasi, perusahaan atau produk dan jasa terhadap pihak yang berkepentingan (Stokholder) sebagai sasaran yang terkait yaitu public internal dan eksternal.
Untuk memperoleh kepercayaan, saling pengertian dan citra yang baik dari masyarakat maka Public Relations dapat menerapkan strategi yang telah ditentukan oleh manajemen perusahaan.
Hal ini berpijak pada teori Kasali dalam Soemirat dan Elvinardo 2004 ; 92, menyatakan bahwa : “Pertama, Public Relations dapat memberikan kontribusinya dalam strategic management melalui dua cara yaitu melakukan tugas sebagai bagian dari strategic management keseluruhan “organisasi. Keterlibatan PR dalam proses menyeluruh ini akan memberi manfaat besar bagi organisasi dan PR itu sendiri.
Kedua, Publik Relations dapat berperan dalam strategic management dalam mengelola kegiatannya secara strategis”.
Ricky Telg (2000), seorang pengajar dari University of Florida dalam program pelatihan media relations miliknya menyebutkan ada beberapa langkah untuk merencanakan strategi dalam menjalin relasi dengan media. Adapun langkah – langkah tersebut terdiri atas :
“Pertama,  yaitu Set Goals. Menentukan tujuan dari menjalin relasi dengan media. Adapun tujuan yang ingin dicapai harus realistis dan tidak melebihi kemampuan dari perusahaan.
Kedua, Decide on your approach to get your goals accomplished. Menentukan cara dan media yang digunakan untuk menghubungi media untuk menjalin hubungan. Melalui press release, interview, atau kunjungan ke wartawan.
Ketiga, Decide who is responsible for fielding media calls. Menentukan contact person media dalam perusahaan. Contact person bisa satu orang maupun lebih, namun contact person tersebut harus mengetahui Standard Operating Procedure dalam berhubungan dengan media.
Keempat, Become a reputable and dependable expert source. Menjadi narasumber yang bisa dipercaya dan diandalkan dalam perusahaan maupun bidang kerja. Dengan demikian media dan wartawan akan selalu mencari dan menghubungi untuk meminta informasi.
Kelima, Develop a source book of subject-matter experts in your geographic region. Menyediakan buku yang berisi daftar narasumber ahli dalam perusahaan. Sehingga anda dapat menjadi jembatan antara perusahaan dan media ketika media meminta sebuah informasi tertentu.
Keenam, Develop a news media source book for your office. Membuat media list mengenai media – media yang ada disekitar perusahaan dan aturan mengenai bagaimana dalam mengirim berita ke media tersebut.
Ketujuh, On a regular basis, provide informational material to reporters Menyediakan salinan informasi bagi wartawan secara teratur. Informasi bisa berupa press release, foto, update terbaru perusahaan, dan lain – lain.
Kedelapan, Get to know the reporter in your geographic regions. Mengenali wartawan dan area liputan dari wartawan tersebut untuk memudahkan dalam menghubungi wartawan sesuai dengan informasi terkait perusahaan yang ingin disampaikan.”
Jadi Strategi Public Relations merupakan upaya merencanakan kegiatan yang mana nantinya suatu kegiatan itu akan sesuai dengan apa yang tadi di rencanakan oleh Public Relation. Di atas merupakan strategi Public relations yang mana dari kesemuanya nanti akan saling berkaitan satu dengan lainnya.


Daftar Pustaka

Jurnal e-Komunikasi Vol 4. No.1 Tahun 2016. 

Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 02 Juli-Desember 2011. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Audit Perbankan Syariah

UAS Audit Perbankan Syariah Audit Perbankan Syariah Oleh : Abang Zakqy Husna (1142310003) 1.     Dokumen menjadi begitu penting saa...