Lingkup (Scope) Public Relations
(Materi ke-3)
Oleh : Abang Zakqy Husna
Pada prinsipnya, ruang lingkup tugas dan
pekerjaan CPR ada dua, yaitu membina, menjaga dan memelihara hubungan ke dalam
(internal public) dan juga hubungan ke luar (external public). jelas bahwa
lingkup pekerjaan CPR dibagidalam dua bagian besar, yaitu lingkup pekerjaan
yang sifatnya ke dalam dan lingkup pekerjaan yang sifatnya ke luar:
Ruang Lingkup Pekerjaan PR perusahaan atau CPR
ke dalam (internal), yaitu: Hubungan dengan karyawan : Melakukan dan
menjalin hubungan melalui komunikasi yang baik antar karyawan merupakan tugas
dan pekerjaan CPR. Cara untuk tetap menjalin, menjaga dan memelihara hubungan
yang baik dengan sesama karyawan, baik antara atasan dengan bawahan atau
sebaliknya dapat diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan, seperti:
kegiatan kebersamaan, olahraga, tour, outbond dan kegiatan lainnya yang
bertujuan untuk meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Didalamnya
juga akan terbentuk motivasi kerja, moral kerja, budaya perusahaan, filosofi
perusahaan dan karyawan pun mendukung atas produk-produk perusahaan.
Hubungan dengan keluarga : karyawan Keluarga
karyawan juga merupakan pihak yang berpengaruh di dalam suatu perusahaan.
Keluarga karyawan memberi dukungan kepada anggota keluarganya yang bekerja di
perusahaan. Tanpa dukungan dari keluarga tidaklah mungkin karyawan dapat
melakukan tugas, pekerjaan dan kewajibannya dengan baik. Oleh karena itu,
memperhatikan dan peduli terhadap kebutuhan dan kepentingan keluarga karyawan
adalah hal yang tak dapat diabaikan. Cara yang dapat dilakukan CPR dalam
melibatkan atau mengikutsertakan anggota keluarga karyawan, seperti: family
gathering, pertandingan dan perlombaan, melakukan kunjungan atau anjangsana dan
yang lainnya yang dapat mempererat tali persaudaraan diantara anggota keluarga
karyawan
Hubungan dengan pemegang saham (stockholder
relations) : Pemegang saham atau orang yang menanamkan modalnya atau penyandang
dana perusahaan perlu mendapat perhatian dan pihak perusahaan. Pekerjaan ini
lebih tepat dilakukan oleh CPR. CPR dapat menjalin dan memelihara komunikasi
yang baik dengan pihak penyandang dana, seperti: merancang pertemuan dan
melakukan pertemuan rutin atau berkala dengan pihak manajer dan investor.
Mengundang investor ke perusahaan untuk dapat melihat langsung perkembangan
perusahaan. Memberikan laporan secara rutin dan berkala kepada pihak investor,
agar investor mengetahui dan memahami dengan benar mengenai kemajuan dan perkembangan
perusahaan.
Ruang Lingkup Pekerjaan PR perusahaan atau CPR
ke luar (Eksternal), yaitu : Hubungan dengan
masyarakat sekitar (community relations) : Salah satu tugas pekerjaan CPR yang
berkaitan dengn eksternal PR adalah dapat menjalin, memelihara hubungan yang
baik dengan masyarakat sekitar. Tidak dapat tidak, perusahaan wajib membina
hubungan yang baik dengan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan. Maju,
mundurnya perusuhaan sedikit banyaknya dipengaruhi atau ditentukan oleh
masyarakat yang ada di sekitar perusaahaan. Perusahaan yang tak mempedulikan
atau menghiraukan masyarakat sekitar dan mengabaikan, jangan berharap banyak
perusahaan tersebut dapat eksis apalagi berkembang dan maju.
Kegiatan-kegiatan yang dapat
dilakukan dalam membina hubungan dengan masyarakat sekitar perusahaan, seperti:
memberikan bantuan dana pendidikan atau beasiswa, memberikan fasilitas
pendidikan dan perlengkapan sekolah. Memberikan fasilitas ibadah, kesehatan,
dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan masyarakat sekitar sesuai dengan
kemampuan perusahaan.
Hubungan dengan pemerintah :
Hubungan pemerintah merupakan salah satu hubungan eksternal yang terjadi antara
pihak permerintah dengan pihak perusahaan. Sama halnya dengan masyarakat
sekitar, perusahaan perlu dan harus memelihara dan menjaga hubungan dengan
pihak pemerintah. Disinilah tugas dan pekerjaan CPR agar dapat memellihara dan
menjaga hubungan yang baik dengan pihak pemerintah. Hubungan yang baik dengan
pemerintah akan memudahkan perusahaan dalam menyesuaikan kebijakan yang akan
diambil dengan kebijakankebijakan pemerintah, sehingga terwujud sesuai dengan
aturan pemerintah dan tidak melanggar hukum. Kegiatan-kegiatan yang dapat
dilakukan dalam membina hubungan dengan pihak pemerintah, seperti: melakukan
dialog, pertemuan berkala, bentuk perhatian ucapan selamat kepada pejabat yan
menduduki jabatan baru atau pemberian ucapan ulang tahun dan bakti sosial.
Hubungan dengan media atau pers :
Hubungan degan pihak media atau pers adalah hubungan yang perlu dan penting,
karena bila CPR tidak dapat menjaga dan memelihar hubungan yang baik dengan
pihak media, maka perusahaan tidak dapat dikenal dimengerti apalagi didukung.
Pihak media dapat mengecilkan berita atau sebaliknya dapat membesarkan berita,
sehingga media sangat dibutuhkan oleh CPR. Berkembang atau tidaknya perusahaan
juga ditentukan oleh pihak media. Bentuk-bentuk kegiatan yang dapat dilakukan
CPR dengan pihak media, seperti: konferensi pers, press briefing, press tour,
mengirimkan press release, special event, press party dan yang lainnya yang
bertujuan peningkatan hubungan yang baik dan harmonis antara CPR dan pihak
media.
Hubungan dengan konsumen dan
pelanggan : Membina, menjaga dan memelihara hubungan yang baik dengan konsumen
dan pelanggan adalah salah satu pekerjaan CPR yang harus dikerjakan. Perusahaan
yang tak dapat menjaga dan memelihara hubungan yang baik akan membuat konsumen
dan pelanggannya satu persatu lari dan meninggalkan produk/ jasa perusahaan.
Bukanlah pekerjaan yang mudah untuk menjaga hubungan yang baik dengan konsumen
dan pelanggan, butuh kesabaran, kerendahan hati dan hati yang lapang dalam
menerima kritik, masukan dan saran. Membina hubungan baik
Bahwa pada prinsipnya lingkup dari
Public Relations atau Corporate Public Relations ada dua yaitu internal dan
eksternal. Keduanya adalah kesinambungan yang harus selalu di lakukan atau
dijalankan oleh Public Relations sehingga dalam melakukan tugas-tugasnya Public
Relations tidak lagi salah dalam memahami apa saja lingkup ke dalam (internal)
dan ke luar (eksternal).
Lingkup Internal Public Relations
atau Corporate Public Relations mencakup : Hubungan dengan karyawan, Hubungan
dengan keluarga, dan yang terakhir Hubungan dengan pemegang saham (stockholder
relations).
Sedangkan Lingkup Eksternal
dari Public Relations atau Corporate Public Relations mencakup
: Hubungan dengan masyarakat sekitar (community relations), Hubungan
dengan pemerintah, Hubungan dengan media atau pers dan yang terakhir Hubungan
dengan konsumen dan pelanggan.
Daftar Pustaka
Jurnal Yerah Melita, Dosen Prodi S1 Ilmu Komunikasi Stisip
Widuri: Mengkaji Ruang Lingkup Pekerjaan Marketing Public Relations (Mpr) Dan
Corporate Public Relations (Cpr).
INSANI, ISSN : 977-240-768-500-5 | Vol. 3 No. 1 Juni 2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar